Spanyol ke Semifinal Euro 2024 Usai Memenangkan Dramatis 2-1 melawan Jerman, Gol Mikel Merino Jadi Penentu

Jakarta – Timnas Spanyol berhasil menjamin satu tiket semifinal Euro 2024 setelahnya menyingkirkan tuan rumah Jerman di pertandingan perempat final yang dimaksud berlangsung di tempat Stuttgart Arena, Hari Jumat malam, 5 Juli 2024. La Furia Roja menang 2-1 pasca melalui sesi perpanjangan waktu.

Bagi Spanyol, ini Euro 2024 akan menjadi semifinal keenam. Gol Spanyol semua dicetak oleh pemain pengganti, yakni Dani Olmo pada awal sesi kedua dan juga Mikel Merino di tempat putaran kedua perpanjangan waktu. Gol balasan Jerman juga dibuat pemain pengganti Florian Wirtz mendekati akhir sesi kedua.

Di putaran pertama, permainan kedua kelompok relatif seimbang pada waktu ini. La Roja – julukan Timnas Spanyol – harus kehilangan Pedri setelahnya dilanggar Toni Kroos pada menit ke-4. Setelah mengalami permasalahan pada lututnya, instruktur Luis de la Fuente menggantinya dengan Dani Olmo. 

Babak pertama juga diwarnai pertarungan taktis yang mana hebat di dalam lini tengah. Spanyol tampil sangat baik pada waktu ini kemudian tiada terlalu menderita pada lini pertahanan. Saat La Roja menyerang, mereka itu memberikan rasa bahaya bagi Jerman. 

Die Mannschaft, julukan Timnas Jerman, juga sebetulnya bermain dengan memanfaatkan strategi serangan baik juga skill individu. Namun, Der Panzer mengalami kesulitan di menciptakan peluang. 

Situasi pertandingan di tempat fase kedua semakin panas pasca Olmo mencetak gol, belaka enam menit setelahnya putaran kedua dimulai.  Lamine Yamal mengurangi operan rendah dari sisi kanan juga Olmo yang dimaksud berlari dari belakang tanpa pengawalan, dengan segera melegakan tembakan ke sudut gawang Manuel Neuer.

Usai tertinggal, Jerman meningkatkan serangan. Pelatih Julian Nagelsmann juga mengganti beberapa jumlah pemain menyerang. Namun, Spanyol dengan cerdik mampu meredam usaha keras para pemain Jerman. 

Hanya satu menit sebelum waktu normal berakhir, Mittelstadt melegakan umpan ke tiang sangat yang tersebut disundul ke berada dalam oleh Joshua Kimmich, dan juga dengan segera dilesakkan oleh Florian Wirtz untuk menyamakan kedudukan 1-1 dan juga harus dilanjutkan ke sesi perpanjangan waktu. 

Di perpanjangan waktu, Spanyol masih sedikit dominan namun Jerman bermain lebih besar efektif. Sekira menit ke-104, sebuah tembakan Jamal Musiala mengenai tangan kiri Marc Cucurella di dalam kotak penati. Namun, wasit Anthony Taylor bukan mengawasi adanya pelanggaran. 

Lewat sebuah serangan pada sesi kedua perpanjangan waktu, Olmo mengurangi umpan lambung dari sisi kiri. Pemain pengganti Mikel Merino yang lepas dari kawalan Antonio Rudiger, menyundul ke sudut kanan melawan gawang Neuer. 

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand/Nacho (46), Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Pedri/Dani Olmo (8), Fabian Ruiz/Joselu (102); Lamine Yamal/Ferran Torres (63), Alvaro Morata/Mikel Oyrzabal (80), Nico Williams/Mikel Merino (80) 

Pelatih: Luis de la Fuente

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah/Thomas Muller (80), David Raum/Maximilian Mittelstadt (57), Emre Can/Robert Andrich (46), Toni Kroos; Jamal Musiala, Ilkay Gundogan/Niclas Fullkrug (57), Leroy Sane/Florian Wirtz (46); Kai Havertz/Waldemar Anton (91)

Pelatih: Julian Nagelsmann

Pilihan Editor: Copa America 2024: Lionel Scaloni Tak Khawatirkan Kegagalan Lionel Messi pada Adu Penalti pada waktu Argentina Kalahkan Ekuador

Scroll to Top