Toni Kroos Resmi Pensiun pasca Timnas Jerman Disingkirkan Spanyol di dalam Perempat Final Euro 2024

Jakarta – Toni Kroos resmi gantung sepatu sebagai pemain profesional pasca Timnas Jerman tersingkir di tempat perempat final Euro 2024 (Piala Eropa 2024). Tim tuan rumah kalah 1-2 pada laga hari terakhir pekan malam, 5 Juli.

Spanyol sempat membuka keunggulan lewat gol Dani Olmo sebelum Florian Wirtz menyamakan kedudukan untuk Jerman.

Perjalanan regu tuan rumah harus berhenti di area perempat final pasca Mikel Merino mencetak gol kemenangan Spanyol di area sesi kedua perpanjangan waktu.

Laga yang dimaksud sekaligus menjadi yang dimaksud terakhir bagi Toni Kroos sebagai pemain sepak bola profesional pasca Jerman gagal melaju ke semifinal Piala Eropa 2024.

Gelandang berusia 34 tahun itu mengumumkan keputusannya untuk pensiun di tempat akun Instagram-nya pada bulan Mei lalu sebelum Real Madrid menjuarai Kompetisi Champions musim 2023/24.

“Di akhir musim, kisah ini (bersama Madrid) harus berakhir. Keputusan ini berarti karier saya sebagai pesepakbola akan berakhir musim panas ini setelahnya Piala Eropa,” tulisnya.

Kroos sendiri mempunyai karier cemerlang dengan meraih 34 trofi bersatu klub kemudian negaranya. Kroos mencatatkan 114 penampilan di dalam level internasional dan juga masuk pada jajaran tujuh besar pemain Jerman dengan caps terbanyaknya untuk Timnas Jerman.

Kroos menjadi bagian Jerman ketika menjadi juara Piala Bumi 2014. Sementara di tempat tingkat klub, ia juga sudah ada mengoleksi sejumlah peringkat bergengsi dengan Bayern Muenchen serta Real Madrid seperti juara Bundesliga, La Liga, Kejuaraan Champions, sampai Piala Planet AntarKlub.

Scroll to Top